Minggu, 13 November 2011

Syarat Komputer Untuk Akses Internet


 

Kata Pengantar


Puji dan syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan yang Maha Esa, karena berkat dan rahmatNya, kami dapat menyelesaikan paper Komputer yang berjudul “Syarat Komputer untuk Akses Internet” ini. Paper ini disusun untuk memenuhi salah satu tugas yang diberikan dalam mata pelajaran Teknologi dan Informasi (TIK) di sekolah SMAK Harapan Denpasar. Paper ini berisi tentang syarat-syarat komputer untuk mengakses internet, baiuk software maupun hardware. Dalam menyelesaikan paper ini, kami banyak mendapatkan bantuan dari berbagai sumber internet maupun buku, hingga paper ini dapat terselesaikan.
Kami menyadari bahwa paper yang kami buat ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu kritik dan saran dari semua pihak sangat kami harapkan demi kesempurnaan paper ini.
Akhir kata, kami sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan serta dalam penyusunan paper ini dari awal sampai akhir. Semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa memberkati segala usaha kita.


Denpasar, 11 Agustus 2011



Bab I

Pendahuluan

A.   Latar Belakang


Pada jaman sekarang ini, internet merupakan hal yang terpisahkan lagi. Khususnya, di kalangan pelajar. Pelajar kini lebih tertarik mencari bahan untuk tugasnya melalui internet ketimbang membaca buku. Dan komputer merupakan hardware yang paling banyak digunakan. Tentunya ada bagian-bagian yang harus ada dalam komputer agar dapat tersambung ke internet. Menyadari pentingnya bagian-bagian itu sehingga jika salah satunya tidak ada akan mempengaruhi kegiatan kita saat berinternet. Pada paper ini kami akan membahas bagian-bagian itu, antara lain processor, RAN, harddisk dan lainnya.Tanpa adanya hardware tersebut, komputer kita tak dapat terhubung dengan internet. Dan yang terjadi adalah kita direpotkan oleh kerja komputer kita yang lambat. Untuk itulah pentingnya kita mengetahui hardware tersebut.

B.   Ruang Lingkup


Dalam paper ini, kami membahas rumusan masalah sampai pada fungsi masing-masing perangkat dalam mendukung proses tersambung ke internet. Adapun perangkat yang kami bahas adalah perangkat hardware dan software beserta masing-masing perannya.

C.   Maksud dan Tujuan

Adapun maksud dan tujuan kami dalam membuat paper ini adalah :
  • Mengetahui perangkat keras yang mendukung akses internet.
  • Mengetahui perangkat lunak yang mendukung akses internet.
  • Mengetahui fungsi-fungsi perangkat keras dan lunak tersebut.



Bab II

Pembahasan


Internet merupakan jaringan komputer dan cara untuk berhubungan dengan internet adalah melalui komputer.  Dalam komputer, diperlukan hard disk yang berisi software untuk berhubungan dengan internet service provider (ISP) dan web browser, serta menyimpan informasi yang di download. Agar dapat menggunakan internet dengan baik, diperlukan peralatan sebagai berikut


1. Komputer

Komputer merupakan komponen utama untuk dapat mengkases internet. Spesifikasi komputer yang digunakan dalam koneksi internet sangat menentukan cepat atau lambatnya kinerja akses internet. semakin tinggi spesifikasi sebuah komputer, semakin cepat kinerja akses internet, begitu pula sebaliknya.
Spesifikasi minimal sebuah komputer dalam akses internet antara lain sebagai  berikut:

2. Processor
Merupakan otak dari komputer untuk menjalankan aplikasi-aplikasi dalam komputer. Processor minimal pentium III 500Mhz. Jika lebih rendah dari 500 Mhz, proses akan sangat lambat. Sebaiknya membeli komputer dengan processor/CPU generasi baru.

RAM berfungsi sebagai media penyimpanan sementara. RAM minimal 64MB. Komputer dengan memori 32 MB sering memperlambat pekerjaan.

4. Harddisk

Harddisk digunakan untuk media penyimpanan data secarmagnetik. Harddisk minimal 10GB. Hard disk tipe IDE cukup murah dan memiliki akses yang memadai. Tidak perlu membeli hard disk tipe SCASI yg berharga 2-3 kali lebih mahal. Namun hard disk SCASI membuat proses start up dan menyimpan file lebih cepat.


Merupakan perangkat keras untuk menampilkan gambar pada layar monitor. VGA card minimal 4MB.


6. Monitor

Merupakan perangkat output. Ukuran monitor yang lebih besar akan memberikan daerah pandang lebih luas sehingga membantu saat penyuntingan atau pengetikan.


Kata modem berasal dari kata modulasi demodulasi yang diartikan  sebagai proses perubahan sinyal digital menjadi analog sehingga dapat dikirim melalui telepon (modulasi). Modem penerima akan mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital kembali untuk diproses oleh komputer (demodulasi). Modem memungkinkan informasi atau data pada komputer (digital) dikomunikasikanke jaringan internet. Modem akan menerjemahkan sinyal digital di komputer kita menjadi sinyal analog dan mengubahnya menjadi data digital kembali di server-server provider. Terdapat dua sambungan utama di modem, yaitu sambungan ke telepon dan sambungan ke komputer. Modem luar (modem eksternal) mudah dipasang, karena terletak di luar, sedangkan modem internal dipasang pada slot ekstensi CPU.



Jenis modem

1. Modem analog yaitu modem yang mengubah sinyal analog menjadi  sinyal digital
2. Modem ADSL
3. Modem kabel yaitu modem yang menerima data langsung dari penyedia layanan lewat TV Kabel
4. Modem CDMA
5. Modem 3GP
6. Modem GSM

Saluran telepon juga merupakan perangkat keras yang penting dan diperlukan untuk menghubungkan komputer dengan internet. Penggunaan saluran telepon ini juga diikuti dengan penggunan modem dial up. Saat ini, kita tidak harus mendaftar lagi ke ISP, misalnya dengan menggunakan paket Telkomnet Instant yang secara langsung dapat melakukan akses internet.

Selain saluran telpon, untuk melakukan akses internet juga bisa dilakukan dengan menggunakan TV kabel. Untuk bisa mengakses internet menggunakan jaringan TV kabel maka modem yang dipakai adalah modem kabel. Agar dapat menggunakan modem kabel, computer harus dilengkapi dengan ethernet (ethernet card). Layanan akses modem kabel dapat melalui jaringan TV Kabel dengan ISP di antaranya : cbn, indosat, linknet, centrin, dan mynet.

Internet Service Provider adalah perusahaan yang menawarkan jasa pelayanan untuk berhubungan dengan internet. Untuk mengakses, kita cukup menghubungi ISP melalui komputer dan modem. Selanjutnya, ISP akan mengurus semua yang diperlukan untuk berhubungan dengan internet, termasuk biaya.

11. Satelit

VSAT (Very Small Aperture Terminal) adalah stasiun penerima sinyal dari satelit dengan antenapenerima berbentuk piringan dengan diameter kurang dari 3 meter. Fungsi utama dari VSAT adalah untuk menerima dan mengirim data ke satelit.

B.   Software dan fungsinya untuk akses internet

Software diperlukan untuk berhubungan dengan internet. Berikut ini contoh software yang diperlukan untuk berhubungan dengan internet.
  • Mocrosoft Office (mengetik, persentasi, penghitungan dan pembuatan halaman web)
  • Microsoft Internet Explorer dan Netscape Communicator adalah browser untuk mengakses web yang terpopuler saat ini. Kedua browser ini sekaligus berfungsi sebagai FTP, mail, dan newsgroup.
  • Cute FTP, Go!Zilla, dan  WS_FTP  adalah software khusu untuk FTP.
  • Untuk e-mail, kita bisa menggunakan Outlook Express  yang merupakanbagian dari Microsoft Office atau Netscape Mail  yang merupakan bagian dari Netscape Communicator.
  • mIRC, Yahoo Messenger, atau ICQ adalah program untuk chatting  yang paling popular saat ini. Dengan program ini, kita dapat berkomunikasi dengan orang lain menggunakan teks.





Bab III

Penutup


A.   Kesimpulan


Untuk mengakses internet diperlukan perangkat-perangkat dan fasilitas yang memadai. Semakin canggih perangkat itu, semakin efektif pula akses komputer kita ke internet.

B.   Saran

Jika ingin mengakses internet dengan baik, kita harus menggunakan perangkat-perangkat yang lengkap dan memadai. Seperti menggunaka processor minimal pentium III 500Mhz, menggunakan harddisk minimal 10 GB dan lain-lain.

Daftar Pustaka



N.H. Fairus, Mahir Menggunakan Internet kelas XII

http://epitbubblywubbly.blogspot.com/2008/08

http://daviacutes.blogspot.com/

http://wss-id.org/



0 komentar:

Poskan Komentar